Kamis, 18 April 2013

Pelecehan Seksual “Bukti Kemunduran Akhlak”


monyetPelecehan seksual !!.., miris sekali mendengar kata-kata seperti ini di zaman yang katanya penuh peradaban. Saya jadi teringat dan mencoba membayangkan pada zaman jahiliyah dulu di mana kaum perempuan saat itu sangat tidak berharga, sehingga bayi perempuan yang lahir pun langsung dibunuh. Jika kita renungkan dan kita bandingkan dengan zaman sekarang ini, justru sekarang lebih parah dari zaman jahiliyah dulu. Kalau dulu bayi yang baru lahir kemudian di bunuh nah sekarang belum lahir aja udah pada dibunuhin tuh pake istilah aborsi.
 
Kembali ke pokok pembahasan, beberapa waktu lalu santer sekali diberitakan terkait dengan berbagai kasus pelecehan seksual yang dilakukan di angkutan umum. Bahkan ada salah satu “korban” yang nekat loncat dari angkot sehingga akhirnya meninggal dunia. Lebih parah dari pada itu ada juga yang diperkosa rame-rame di dalam angkot, naudzubillah min dzalik. Jika kita raba pake hati nurani “ko bisa ya..?”, tapi memang untuk orang-orang yang tidak bermoral ya apapun bisa dilakukan, tak perduli siapapun yang menjadi korbannya. 
Sebagai tambahan wawasan khususnya bagi para perempuan yang sering kali menjadi korban pelecehan seksual, pada dasarnya pelecehan seksual itu memiliki arti yang cukup luas, jadi tidak hanya sebatas meraba atau menggerayangi bagian-bagian sensitif seseorang, tetapi lebih dari pada itu Komnas Perempuan menuturkan :
“Pelecehan seksual merujuk pada tindakan bernuansa seksual yang disampaikan melalui kontak fisik maupun non fisik yang menyasar pada bagian tubuh seksual atau seksualitas seseorang, termasuk dengan menggunakan siulan, main mata, komentar atau ucapan bernuansa seksual, mempertunjukan materi-materi pornografi dan keinginan seksual, colekan atau sentuhan di bagian tubuh, gerakan atau isyarat yang bersifat seksual sehingga mengakibatkan rasa tidak nyaman, tersinggung merasa direndahkan martabatnya, dan mungkin sampai menyebabkan masalah kesehatan dan keselamatan.”
Jika kita tela’ah memang banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya pelecehan seksual dimanapun, tidak terkecuali di dalam angkutan umum. Sebagai bahan agar kita bisa lebih mawas diri, dibawah ini akan diuraikan beberapa hal yang sering menjadi penyebab terjadinya pelecehan seksual:
  1. Kesempatan yang tercipta dari keadaan. Jujur saja dulu hampir 7 tahun saya jadi salah satu pengguna angkutan umum. Jadi saya sedikit besarnya tahu bagaimana kesempatan-kesempatan untuk melakukan “Zinah Mata” itu muncul dengan sendirinya. Mungkin disadari atau tidak disadari banyak para perempuan yang menggunakan pakaian begitu ketat atau pakaian mini ketika naik angkutan umum. Ini sering kali menjadi tontonan gratis bagi para laki-laki di mana mau tak mau memang kelihatan. Dan untuk oknum-oknum tertentu ini mungkin ini menjadi penyebab terjadinya pelecehan seksual.
  2. Otak kotor tembok pun jebol. Kata-kata ini saya teringat dari guru matematika saya ketika zaman aliyah dulu. Maksudnya yaitu, kalau otaknya udah kotor ya semua jadi terbayang, jangankan yang pake pakaian ketat atau seksi yang pake pakaian rapih berjilbab pun bisa tembus pandang.
  3. Lemahnya iman. Iman merupakan pengontrol dari segala prilaku, tindakan dan akhlak kita sehari-hari. Lemahnya iman menjadi penyebab berbagai tindakan kejahatan apapun itu bentuknya. Tidak mungkin orang yang memiliki iman mau melakukan hal-hal yang diluar aturan syari’at.

Oleh karena hal-hal tersebut di atas, kita semua perlu mawas diri agar terhindar dari berbagai hal yang mungkin bisa merugikan diri kita sendiri. Banyak hal yang bisa dilakukan agar kita bisa terhindar dari pelecehan seksual. Yang jelas mencegah itu lebih baik dari pada mengobati, jadi sebelum kejadian ada baiknya kita tidak melakukan hal-hal bodoh yang akan membuat orang terpancing untuk melakukan kejahatan terhadap kita. Jika kejadian pelecehan seksual itu terjadi maka ada beberapa hal yang mungkin bisa anda lakukan, seperti: berteriak, mendorong badan orang yang melakukan pelecehan, atau apapun yang bisa kita lakukan sehingga kita terhindar dari pelecehan tersebut.

Sebagai renungan kita bersama :


Untitled-1
“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan bebatuan, penjaganya malaikat-malaikat yang besar lagi keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka serta selalu mengerjakan apa yang diperintahkan oleh-Nya.” (QS. At-tahriim:6).


===============================@@@==============================


Referensi dari sini

Sumber Gambar dari sini


SenyumSenyumSenyumSenyum

8 komentar:

  1. Iman memang merupakan pondasi paling kokoh untuk membentengi perilaku seseorang.
    Miris ya, semakin modern tapi semakin bebas perilaku manusia menyimpangnya.

    BalasHapus
  2. Yup, yang namanya pncegahan terhadap pelecehan seksual harus dimulai ke diri sendiri masing-masing dulu. Pinter-pinter deh jaga diri. Pendidikan moral and agama sangat perlu ditingkatkan. Moga generasi ke depannya banyak anak yg tumbuh jadi manusia2 bermoral, karena orang tua mereka dulunya udah pernah baca dan mengerti artikel2 campaign kita ini mas... hihihihi... aamiin... :)

    BalasHapus
  3. wah kang, saya sering tuh dapetin "pemandangan indah" pas naik bus. Tapi saya biasa saja ga ampe mikir yg macam2, kecuali terpaksa hehe....

    BalasHapus
  4. itu gambarnya mengingatkan saya dengan teman saya, Fadhlan yang pernah nampilin gambar serupa di slide presentasinya.
    ya, memang semuanya harus dimulai dari diri kita sendiri sih.

    BalasHapus
  5. otak kotor tembok pun jebol.. sempet bingung awalnya sama judul pointnya, tapi akhirnya ngerti juga *maklum otak lagi agak geser* hihiiihi...
    dan emang bener banget, kalo otaknya udah kayak gitu mau yang diliatin pake jilbab ataupun ga, semuanya jadi tembus pandang. ckckckck...

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Terimakasih Atas Kunjungannya dan silahkan tinggalkan komentar...!!! :)
mohon untuk tidak meninggalkan link aktif....!!