Senin, 18 Februari 2013

Gampangnya Menjaga Kebersihan



Kebersihan merupakan salah satu hal penting yang harus dijaja oleh setiap orang. Begitu banyak penyakit yang dapat ditimbulkan karena kita kurang peduli terhadap kebersihan. Kebersihan ini tentunya banyak aspeknya, ada kebersihan lingkungan, dan ada juga kebersihan badan. Salah satu hal kecil contohnya yaitu ketika kita habis makan dan makanan tersebut tersisa dan kita membuangnya begitu saja, terlebih lagi buat anak kost-kost-an, biasanya sisa makanan yang tersisa dibiarkan begitu saja di dalam piring dan bersama piringnya juga terkadang dibiarkan dalam waktu berhari-hari tidak dicuci. Maklumlah namanya juga anak kost, nyuci piring kadang seminggu sekali, terkadang menunggu stok piring habis semua baru deh mau nyici, :), statement ini merupakan hasil pengamatan kawan-kawan kost saya dan terkadang juga pengalaman pribadi hehe.. :)

Dari hal kecil terkait dengan sisa makanan yang sering kita biarkan tadi, jika kita pikirkan lebih mendalam sebenarnya itu bisa saja menjadi permasalahan yang serius, bisa saja dari sisa makanan yang membusuk tersebut akan tumbuh mikro organisme yang bisa masuk ke dalam tubuh kita secara tidak kita sadari, terlebih lagi jika mikro organisame tersebut membawa bibit-bibit penyakit yang mematikan wahh bahaya itu..Senyum

Berdasarkan salah satu buku Biologi yang saya baca menyebutkan bahwa: penyakit yang disebabkan oleh mikro organisme disebabkan karena cara hisup kita yang kurang menjaga kebersihan. juga lebih mudah menyerang pada orang yang fisiknya lemah. hal tersebut menyebabkan diperlukannya upaya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga keberhasilan dan kesehatan antara lain sebagai berikut:

  1. Menjaga kebersihan lingkungan
  2. Menjaga kebersihan badan dengan mandi dan mencuci tangan sebelum makan.
  3. Melakukan olahraga secara teratur.
  4. Makan makanan bergizi
  5. Cukup istirahat

Itulah beberapa tips yang sebaiknya kita perhatikan dan kita jalankan agar kita semua terhindar dari hal-hal negatif yagn merugikan kesehatan kita. biar bagaimanapun kesehatan merupakan aspek penting yang harus dijaga. Sehat merupakan salah satu nikmat dari Tuhan yang amat luar biasa, kita bisa melakukan apapun dalam keadaan kondisi tubuh yang sehat. Namun sering kali kita melalaikan hal tersebut, kita baru sadar akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan ketika kita sudah terbaring sakit di rumah sakit, baru dech kita nyesel. Semoga jangan sampe demikian.

Berikut ini beberapa hal kecil yag harus diperhatikan dalam rnagka menjaga kebersihan yang sering kali berimbas pada kesehatan kita, hal-hal tersebut yaitu:

  • Menjaga kebersihan lingkungan, baik lingkungan sekitar rumah seperti halaman dan saluran air yang ada di sekitar rumah, saluran air yang tergenang jelas akan menjadi tempat beternaknya nyamuk yang merupakan salah satu binatang yang paling banyak mematikan manusia. selain itu juga menjaga lingkungan dalam rumah itu sendiri, seperti menyapu lantai dan mengepelnya secara rutin, membuang sisa-sisa makanan ke tempat yang aman dan mencuci berbagai jenis benda yang biasa kit apakai terutama yang sering digunakan untuk makan, dan sebagainya.
  • Menjaga kebersihan tubuh kita sendiri dengan cara rajin mandi minimal 2 kali sehari, menggosok gigi minimal 2 kalis ehari, mengatur pola makan dan akan lebih baik lagi jika menggunakan salah satu ajuran Nabi Muhammad SAW yaitu makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang.

Cukup gampang menjaga kebersihan, namun terkadang kita kurang begitu peduli hal-hal yang mungkin dianggap sepele tersebut. Semoga kedepannya kita bisa lebih peduli akan hal-hal kecil yang menjadi tanggung jawab kita bersama.

 

7 komentar:

  1. Memang gampang jika disadari dulu oleh diri sendiri ya bang.
    begitukah kalau di kost?

    BalasHapus
  2. pola hidup saya kurang teratung nich Kang, kadang makan sekali sehari kadang 3 kali sehari. Tapi tetep menjaga kebersihan dengan menjaga mandi 2x sehari, klo nggak mandi maluuuu Kang sm orang hehe

    BalasHapus
  3. betul sob kita sering menganggap sepele akan sesuatu,
    kebersihan hal yang di anggap sepele pada memberikan efek yang besar

    BalasHapus
  4. naaaaahh Mari jaga kebersihan sama sama dan ikutin juga sunnah Rosul :)
    hehhee...
    SEMANGAAAAAT!! :)

    BalasHapus
  5. kurang begitu peduli karena kurang terbiasa.. kalau udah biasa pasti bakal peduli.. jadi gampang banget menjaga kebersihan itu.. ^^

    BalasHapus
  6. mantab tipsnya, ayo biasakan hidup bersih :)

    BalasHapus
  7. Males Cuci piring emang sering jadi kebiasaan anak kost terutama cowok.
    Pernah ngalamin dan sering ngelihat temen2 cowok kayak gitu. haha

    mari menjaga kebersihan.

    BalasHapus

Terimakasih Atas Kunjungannya dan silahkan tinggalkan komentar...!!! :)
mohon untuk tidak meninggalkan link aktif....!!