Kamis, 27 Oktober 2011

Olah Raga, Olah Rasa dan Olah Pikir

Gambar Pinjaman dari Google!!
Para sohibblogger kali ini saya ingin sedikit berbagi tentang tiga hal penting yang seharusnya dimiliki oleh kita semua. Sebagai seorang manusia tentunya kita menginginkan hal-hal terbaik menghampiri diri kita, baik itu dalam hal kesehatan jasmani, kesehatan rohani, dan cara pandang kita terhadap sesuatu yang akan menghasilkan feedback yang baik pula untuk diri kita.

Untuk mencapai dan mendapatkan kesemuanya itu tentunya tidak semudah kita membalikkan telapak tangan sobaatt, ada banyak proses yang harus kita lalui dan kita latih setiap hari apabila menginginkan hal-hal tersebut benar-benar kita miliki. Tiga hal yang saya ungkapkan dalam judul postingan di atas  merupakan kunci yang harus terus diperjuangkan jika kita menginginkan kehidupan pribadi yang baik, kehidupan agama yang baik dan kehidupan sosial yang baik.

Huhh so’ tau benget yach saya, macam betul la kau nie hehe.. tapi terlepas dari so taunya saya, apa yang saya jadikan judul posting ini memang hal-hal yang layak kita upayakan semaksimal mungkin.

Olah Raga, Olah Rasa dan Olah Pikir !!! apa yang kalian pikirkan tentang tiga hal tersebut, yach mungkin sudah bisa menerka-nerka. Olah raga merupakan salah satu langkah penting yang harus dijalankan untuk mendapatkan kesehatan jasmani yang didambakan setiap insan. Hal tersebut sesuai dengan salah satu pepatah atau slogan atau apa lah itu namanya yang mengatakan bahwa “men sana inkorpore sano” yang artinya dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat, dan untuk mendapatkan tubuh yang kuat dan sehat tentunya olahraga lah jalan keluarnya.

Kemudian pada termin yang kedua adalah Olah Rasa. Olah rasa merupakan salah satu bentuk kepeka’an jiwa yang ada di dalam hati yang mempunyai makna sangat luas sekali. Kita tau ada berjuta rasa yang sering kita alami seperti rasa sayang, rasa benci, rasa hormat termasuk salah satu yang paling fenomenal adalah rasa CINTA, hemm. J. Olah rasa yang saya maksudkan di sini sebenarnya lebih difokuskan pada rasa peka dan mawas diri artinya ketika kita mau melakukan sesuatu maka kita harus menimbang rasa terlebih dahulu apakah yang kita lakukan bisa menyakiti orang lain atau tidak, kalau sekiranya menyakitkan dan menyengsarakan orang lain maka sebaiknya dihindari. Untuk lebih mempertajam olah rasa tersebut bisa dilakukan dengan memperbanyak ibadah dan mendekatkan diri pada Allah SWT, salah satunya yaitu dengan Shalat 5 waktu.
  
Hal yang ketiga adalah Olah Pikir, olah pikir berkaitan dengan mindset kita, bagaimana kita berpikir tentang hal-hal yang ada di sekitar kita. Olah pikir juga berkaitan dengan cara pandang kita terhadap sesuatu, terhadap masa depan dan lain sebagainya. Olah pikir akan menghasilkan energi-energi positif yang dapat membangkitkan semangat jiwa sehingga apapun yang kita lakukan didasarkan pada nilai-nilai kebaikan. Olah pikir juga merupakan penyetir atau pengendali dari dua “olah” sebelumnya karena pada dasarnya apapun yang kita lakukan merupakan hasil dari pemikiran kita sebelumnya.

Semoga kita tergolong pada orang-orang yang terus mengoptimalkan Olah Raga, Olah Rasa dan Olah Pikir. Sampai saat ini saya pun masih dalam tahap belajar untuk menyeimbangkan diantara tiga hal tersebut. Makna dari tiga olah yang saya kemukakan di atas tentunya juga bukanlah merupakan satu patokan kebenaran, karena pada dasarnya makna dari Olah Raga, Olah Rasa dan Olah Pikir sangat luas sekali tergantung temen-temen semua mau mengartikannya seperti apa.
Salam Silaturrahmi.. by : Kang Harjo 35.

5 komentar:

  1. Benar :) harus balance.
    Rasa-rasanya saya yang dulunya sering renang.akhir-akhir udah jarang deh.malah gak pernah lagi.heheh

    BalasHapus
  2. Bhi.. betul banget bro harus seimbang... :)

    Sobat Uchang,, wahh saya malah takut renang, takut air dalam lagi hahaha... dasar orang gunung wkwkwkw....

    BalasHapus

Terimakasih Atas Kunjungannya dan silahkan tinggalkan komentar...!!! :)
mohon untuk tidak meninggalkan link aktif....!!