Jumat, 01 Juli 2011

Remaja " inikah jati dirimu saat ini...? "

Arus globalisasi dan perkembangan zaman yang semakin melaju kencang merupakan hal yang tidak dapat kita hindari lagi. Berbagai macam kemajuan baik dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi informasi, budaya, gaya hidup dan lain sebagainya sebagai dampak dari arus perkembangan zaman tersebut sering disalah tafsirkan oleh sebagian orang terutama kaum remaja.
Remaja sebagai bagian dari masyarakat yang usianya merupakan masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa secara psikologis mereka memang cenderung untuk mempunyai rasa ingin tahu yang besar, sehingga apabila rasa keingin tahuan tersebut tidak diimbangi dengan penanaman dasar kepribadian serta moral yang baik dari para orang tuanya tentunya tidak menjadi sebuah kemustahilan bahwa remaja tersebut akan mengalami pergeserah-pergeseran nilai-nilai etika moral yang merupakan salah satu dampak negatif dari arus perkembangan zaman saat ini.
Kaum remaja memang menghadapi tantangan yang sangat berat dalam menghadapi berbagai dampak negatif dari arus modernisasi saat ini, selain mereka dituntut untuk bisa menyaring berbagai macam informasi yang masuk melalui pergaulannya sehingga tidak memberikan efek negatif terhadap kepribadiannya sendiri, mereka juga merupakan generasi penerus bangsa yang diharapkan mampu untuk meneruskan perjuangan bangsa dengan dasar kredibilitas kepribadian serta moral yang baik.
Muhammad Al-Mighwar dalam bukunyaPsikologi Remaja Petunjuk bagi Guru dan Orang Tua” halam 6, mengemukakan bahwa pada dasarnya masa remaja merupakan masa yang begitu unik, penuh teka-teki, dilematis dan sangat rentan. Unik karena pertumbuhannya banyak dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya sehingga karakter mereka berbeda-beda. Penuh teka-teki karena kepribadian mereka susah ditebak. Dilematis karena masanya merupakan peralihan dari masa anak-anak menuju usia dewasa sehingga cenderung coba-coba dan sangat rentan karena selalu berorientasi pada popularitas secara menggila dan instan.
Dari keterangan di atas dapat kita pahami bahwa masa remaja dengan berbagai keunikannya merupakan masa yang seharusnya mendapatkan perhatian serius terutama dari para orang tua, dinas pemerintahan terkait, lembaga-lembaga agama, organisasi-organisasi kepemudaan dan lain sebagainya, sehingga harapan untuk mempunyai generasi muda yang mempunyai kredibilitas diri yang baik dapat tercapai.
Generasi muda seharusnya mampu untuk memberikan kontribusi yang positif terhadap perkembangan bangsa dan agama. Mereka seharusnya mempunyai rasa tanggung jawab yang besar untuk mengembangkan potensi terbaiknya, dan mereka juga selayaknya mampu untuk menjadikan perkembangan dan kemajuan zaman saat ini sebagai sarana untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan serta  mengembangkan potensi yang ada, sehingga masa remajanya tidak sia-sia.
Tapi sebuah kenyataan yang sungguh sangat memprihatinkan bahwa arus perkembangan zaman dengan berbagai implikasinya telah menjadikan kaum remaja saat ini banyak yang lupa diri dan lupa kendali. Mereka terpengaruh oleh arus modernisasi yang cenderung bergaya hidup bebas tanpa aturan sehingga banyak para remaja saat ini yang suka mabuk-mabukan, terlibat narkoba, perjudian, perzinahan, gaya berpakaian yang tidak sesuai dengan kaidah-kaidah keislaman dan lain sebagainya yang secara umum kita kenal dengan istilah kenakalan remaja.
Kenakalan yang terjadi di kalangan remaja memang tidak semudah membalikan telapak tangan untuk bisa dihilangkan atau diatasi, fenomena sosial yang sudah membudaya ini berkembang begitu pesatnya dikalangan remaja yang secara pribadi tidak mempunyai dasar penanaman moral yang baik sejak dini.
Kenakalan remaja secara umum hampir terjadi diseluruh pelosok negeri dari kota sampai ke desa. Oleh karena itu, perlu penanganan khusus dan perhatian yang serius dari lembaga-lembaga terkait khususnya para orang tua  untuk menekan berbagai bentuk kenakalan remaja tersebut. Salah satu bentuk upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kenakalan remaja adalah dibentuknya berbagai organisasi-organisasi keagamaan dan kepemudaan, yang secara intens memberikan penyuluhan dan penyadaran serta lingkungan bergaul yang lebih positif untuk mengembangkan dan menyalurkan segala kreativitas para remaja. *^_^*

2 komentar:

  1. Kang harjo... blogmu bagus banget. tapi.... hahahahahaha tebak sendiri lah... isinya kayaknya masih perlu ditambah.

    BalasHapus
  2. hahaha.... aduh..,,, ya namanya juga blog baru di buat kemaren ustadz.... hehehe... harap maklum,,, akan segera diperlengkap.... :) :)

    BalasHapus

Terimakasih Atas Kunjungannya dan silahkan tinggalkan komentar...!!! :)
mohon untuk tidak meninggalkan link aktif....!!